
Table of Contents
QlickLink - Bagi Anda petugas Administrasi Desa, data kependudukan desa adalah hal penting yang harus dimiliki sebuah desa. Untuk itu data kependudukan desa yang akurat serta lengkap wajib dimiliki.
Atas dasar itulah, rekan ExcelManiacs yang berasal dari daerah Sumatera Selatan dan Jakarta meminta agar dibuatkan aplikasi untuk menunjang pekerjaan mereka sebagai Pengadministrasi desa.
Akhirnya, Aplikasi Excel Buku Induk Penduduk versi ExcelManiacs dengan referensi data dan formulir-formulir administrasi kependudukan berasal dari Kementerian Dalam Negeri dengan basis aplikasi spesialis maniaknya excel yaitu Microsoft Office Excel.
Meskipun ExcelManiacs rasakan belum sempurna, tapi mudah-mudahan dapat sedikit membantu mempermudah pekerjaan Anda dalam mengelola administrasi desa.
Cara Menggunakan Aplikasi Excel Buku Induk Penduduk
Pertama kali aplikasi akan menampilkan halaman utama yang ExcelManiacs sebut BERANDA, dalam halaman beranda terdapat tombol-tombol sebagai berikut:
1. tombol Navigasi: BERANDA; REFERENSI; SURAT; dan LAPORAN2. tombol Input Data terdiri dari:
- tombol TAMBAH DATA: DATA PENDUDUK
- tombol TAMBAH DATA: SURAT KETERANGAN KELAHIRAN
- tombol TAMBAH DATA: SURAT KETERANGAN KEMATIAN
- tombol TAMBAH DATA: SURAT KETERANGAN PINDAH DATANG
- tombol TAMBAH DATA: SURAT KETERANGAN PINDAH
4. tombol Show dan Hide (berfungsi untuk menampilkan dan menyembunyikan Ribbon/Toolbar Excel
Mengisi Data Referensi
Data referensi terdiri dari tiga tahapan pengisian data, antara lain:
Referensi
Halaman referensi ini berisi kolom-kolom isian yang menjadi rujukan aplikasi ketika Anda akan menginput data kependudukan, yang terdiri dari kolom-kolom isian:
- Pendidikan
- Jenis Kelamin
- Tempat Lahir
- Status Perkawinan
- Kedudukan dalam Keluarga
- Nama Kelurahan/Desa dan Kode
- Nama Kecamatan dan Kode
- Nama Kabupaten dan Kode
- Nama Propinsi dan Kode
Adapun data nama dan kode kelurahan/desa, kecamatan, dan lainnya dapat Anda unduh di website resmi Kemendagri di SINI.
Identitas
Halaman identitas dapat Anda akses dengan mengklik tombol yang terletak di sudut kiri atas aplikasi seperti terlihat pada gambar di bawah.
Kolom isian yang terdapat dalam halaman Identitas antara lain:
- Nama Aplikasi
- Tahun Pembukuan
- Propinsi
- Kabupaten/Kota
- Kecamatan
- Kelurahan/Desa
- Dusun
- Alamat Kantor Desa
Pejabat
Sesuai namanya, halaman Pejabat berisi kolom-kolom isian yang data nama dan jabatan yang terkait dengan data kependudukan, kolom isian tersebut terdiri atas:
- Nama Petugas dan NIP
- Nama Kepala Desa/Lurah dan NIP
- Nama Camat dan NIP, dan
- Nama Kapala Dinas Kependudukandan Pencacatan Sipil dan NIP
Setalah seluruh data Referensi terisi sesuai dengan kebutuhan administrasi desa Anda, selanjutnya Anda dapat melakukan penginputan data penduduk serta membuat surat keterangan yang ExcelManiacs sediakan pada Aplikasi Buku Induk Penduduk ini.
Mengisi Data Penduduk
Pada halaman BERANDA, silahkan klik tombol TAMBAH DATA.
Mengisi Data Pembuatan Surat Keterangan
- Surat keterangan yang ExcelManiacs siapkan pada Aplikasi Buku Induk Penduduk ini terdiri dari:
- Surat Keterangan Kelahiran
- Surat Keterangan Kematian
- Surat Keterangan Pindah Datang
- Surat Keterangan Pindah
Untuk mengisi data dalam membuat surat keterangan tersebut, di halaman BERANDA silahkan klik tombol TAMBAH DATA yang terletak sebaris dengan nama Surat Keterangan yang akan dibuat.
Mencetak Surat Keterangan
Mencetak surat keterangan dapat Anda lakukan dengan mengklik tombol navigasi bertulis SURAT, lalu aplikasi akan mengarahkan Anda ke halaman pencetakan surat keterangan kelahiran.
Untuk mencetak surat keterangan lainnya, silahkan klik tombol:
- SKM, mencetak form Surat Keterangan Kematian;
- SKPDT, mencetak form Surat Keterangan Pindah Datang; dan
- SKP, mencetak form Surat Keterangan Pindah.
tombol Lihat untuk melihat surat keterangan dalam mode Print Preview untuk memastikan data yang akan dicetak terlihat dengan baik sehingga hasil cetak melalui printer Anda akan sempurna.
tombol Cetak untuk memberi perintah Aplikasi Buku Induk Penduduk ini mencetak surat keterangan melalui printer dengan ukuran kertas F4.
tombol Pdf berfungsi memerintahkan aplikasi untuk menyimpan laporan dalam format file Pdf.
File surat keterangan yang Anda simpan sebagai file pdf akan otomatis tersimpan ke dalam Folder dimana Anda meletakkan file Aplikasi Buku Induk Penduduk ini.
Mencetak Buku Induk Penduduk (BIP) dan Rekap
Untuk mencetak Buku Induk Penduduk (BIP), silahkan klik tombol LAPORAN.
Ukuran kertas yang digunakan untuk mencetak Buku Induk Penduduk ini menggunakan ukuran kertas F4.
- Silahkan pilih drop down list:
- Hitung Berdasarkan:
- Pilih Bulan
- Pilih Tahun
Kemudian aplikasi akan otomatis menampilkan data rekapitulasi penduduk berdasarkan pilihan yang Anda tentukan di atas, adapun data yang ditampilkan dalam REKAP ini antara lain:
- Jumlah Penduduk Awal Bulan
- Jumlah Kelahiran
- Jumlah Kematian
- Jumlah Pendatang
- Jumlah Penduduk Pindah
- Jumlah Penduduk Akhir Bulan
Tampilan Aplikasi Buku Induk Penduduk
Berikut merupakan beberapa screenshot dari Aplikasi Buku Induk Penduduk Berbasis VBA Excel ini:
Link Download Aplikasi Buku Induk Penduduk Berbasis VBA Excel
Bagi yang ingin mencoba/menggunakan Aplikasi Buku Induk Penduduk Berbasis Excel ini, silahkan unduh melalui tombol download di bawah ini:
Demikian, terimakasih.